Jumat, 16 Desember 2011

Prinsip Pencegahan Infeksi


Definisi PI
·         Asepsis atau tekhnik aseptik
Istilah untuk menggambarkan semua usaha yang di lakukan dalam mencegah masuknya organisme kedalam tubuh dan berpotensi untuk menimbulkan infeksi.

·         Tindakan pencegahan infeksi (PI) tidak terpisah dari komponen lain dalam asuhan selama persalinan dan kelahiran bayi. Tindakan ini harus di tetapkan dalam setiap asuhan unruk melindungi Ibu, BBL,Keluarga penolong persalinan dan enaga kesehatan lainnya, dengan mengurangi infeksi karena bakteri virus dan jamur termasuk HIV/AIDS dan Hepatitis.
Tujuan
·         Mencegah Infeksi umum
·         Meminimalkan resiko penyebaran penyakit berbahaya (Hepatitis B dan HIV) kepada pasien, petugas kebersihan dan rumah tangga
Penolong persalinan dapat terpapar Hepatitis dan HIV di tempat kerjanya melalui :
Ø  Percikan darah atau cairan tubuh pda mata, hidung dan mulut atau  mei. Diskontiunitas permukaan kulit (mis : luka yang kecil atau lecet)
Ø  Luka tusuk yang di sebabkan oleh jarum yang sudah terkontaminasi atau peralatan tajam lainnya ( saat prosedur di lakukan atau saat proses peralatan)
Prinsip Dasar PI
§  Setiap orang (pasien atau petugas kesehatan) harus di anggap berpotensi menular infeksi
§  Cuci tangan : proses paling praktis dalam mencegah kontaminasi silang
§  Pakailah sarung tangan sebelum menyentuh setiap kulit yang luka, selaput lendir (mukosa), darah, cairan tubuh lainnya (sekret).
§  Gunakan pelindung (barier) dan kacamata, masker, celemek pada setiap kali melakukan kegiatan pelayanan sebagai antisipasi terkena percikan darah atau cairan tubuh pasien.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates